December 30, 2009

Mudik Aman dan Nyaman

Mudik dengan kendaraan sendiri pasti jauh lebih nyaman dan aman, namun bagaimana dengan Anda yang terpaksa mudik menggunakan kendaraan umum, pastinya jauh lebih ribet dan beresiko. Nah, untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan selama mudik, tak ada salahnya Anda cermati tips dan trik berikut ini, agar perjalanan mudik Anda terasa lebih aman dan jauh dari resiko bahaya kejahatan yang kerap mengintai para pemudik.

- Yakin dan Percaya Diri

Bisa jadi Anda sudah lama tak pulang kampung dan tentu sedikit merasa asing dengan perubahan kota Anda, atau merasa tak mengenali daerah di mana Anda memang diwajibkan untuk transit sebelum menuju ke tujuan akhir Anda. Tak perlu panik, tingkatkan rasa percaya diri Anda, karena di tempat umum rasa pede mutlak dibutuhkan untuk menghindari bahaya kejahatan yang kerap kali muncul di saat peluang tersebut terbuka. Yakinlah bahwa Anda mengenali area di mana Anda berada, jika memang dibutuhkan bertanyalah kepada pihak keamanan atau orang-orang yang Anda yakini bisa membantu Anda. Hindari bertanya pada sembarang orang.

- Perhiasan

Bukan rahasia umum lagi, jika perhiasan jadi magnet menarik tindak kriminal. So, jika ingin selamat, jangan gunakan perhiasan sama sekali selama mudik dengan kendaraan umum, meskipun itu hanya sebuah perhiasan imitasi. Karena apapun aksesori yang Anda pakai, pasti mengundang pelaku kriminal melirik Anda.

- Pakaian

Karena Anda bepergian dengan kendaraan umum, usahakan mengenakan pakaian yang tak mencolok, baik dalam warna maupun model. Celana panjang dengan berbahan denim dan atasan berbahan katun akan terasa nyaman saat digunakan bepergian dan memudahkan ruang gerak Anda. Pakai sepatu sport yang nyaman dan ringan di kaki, hindari menggunakan sepatu berhak tinggi. Ingat Anda sedang mudik, bukan pergi ke pesta khan?

- Obat-obatan

Perjalanan jauh butuh kondisi tubuh yang fit dan bugar, karena itu jangan sepelekan kondisi badan, dan usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat dan minum multivitamin saat Anda mudik. Jangan lupa membawa obat, minyak gosok dan suplemen setiap kali Anda bepergian jauh.

- Barang Bawaan

Meski lama tak pulang kampung bukan berarti Anda harus memborong semua oleh-oleh khas kota di mana Anda tinggal selama ini khan? Keselamatan dan kenyamanan jauh lebih penting, mengingat Anda bepergian dengan transportasi umum, tentu kemudahan gerak jadi prioritas utama yang harus Anda perhatikan. Jika memang Anda memaksa membawa banyak barang, minimalkan membawa barang yang sekiranya tak Anda butuhkan, perkirakan berapa lama Anda akan berlibur dan yang pasti pilih tas pakaian berbahan tebal dan kuat, lebih bagus lagi jika dilengkapi pengunci bernomor kode otomatis.

- Uang Pas

Uang jadi urusan ini yang paling krusial, untuk berjaga-jaga dari tindak kejahatan simpan uang di beberapa tempat yang sekiranya aman dan jauh dari jangkauan copet. Selain itu, seandainya Anda memang terlanjur kena palak/gendam, Anda masih bisa menyelamatkan sebagian uang Anda.

- Dompet

Hindari mengeluarkan dompet di depan umum, karena barang ini menjadi incaran idola para pencopet. Lebih aman jika Anda menyimpan sejumlah uang pas di saku celana Anda dan menyimpan dompet di bagian terdalam tas bawaan Anda. Aman dan tentu lebih praktis mengingat Anda akan berdesak-desakan dengan banyak orang. Dan jangan lupa bawa selalu uang receh di saku yang lain, untuk membayar peron atau setidaknya berbelas kasih pada pengemis atau pengamen.

- Stay Cool

Jangan terlalu banyak melakukan gerakan berlebihan, karena tindakan ini justru mengundang orang lain untuk melihat Anda. Cobalah, tetap tenang dan waspada meski Anda berada dalam situasi yang tidak nyaman. Tarik nafas panjang bisa membantu mengembalikan ketenangan Anda.

- Waspada

Usahakan tetap bersikap wajar dan sopan meski teman seperjalanan Anda menawarkan kebaikan. Jangan terlalu akrab dan jangan terlalu berlebihan mencurigai teman perjalanan Anda. Bersikap hati-hati dan ada baiknya Anda menolak dengan halus jika ada yang menawari makanan ataupun minuman. Jangan pula terlena dengan tampang rupawan dan baik hati yang mencoba bercakap-cakap dengan Anda, siapa tahu itu hanya sebuah 'perangkap' yang akan memperdaya Anda. Bersikap dan berbicaralah seperlunya dengan tema umum dan hindari pembicaraan yang sifatnya pribadi.

- Tegas

Jadi rebutan calo, tukang ojek, becak dan sopir taksi selalu dialami para pemudik, nah untuk menghindari serbuan tersebut adalah menolaknya dengan tegas namun sopan. Jika masih 'membandel' dan bahkan bersikap kurang ajar, jangan sekalipun meladeni mereka, lebih bijak jika Anda diam dan mengabaikan mereka, meski Anda merasa tak nyaman dengan perkataan yang mereka ucapkan. Segeralah menuju ke area yang Anda anggap aman dari jangkauan mereka setidaknya sampai jemputan datang atau memungkinkan Anda berpikir lebih tenang untuk menentukan tujuan Anda selanjutnya.

- Berdoa

Merasakan kehadiranNya dalam setiap langkah Anda akan membuat perjalanan Anda terasa aman dan nyaman. Biasakanlah berdoa sebelum Anda bepergian, selain membuat hati lebih tenang, Anda juga terhindar dari kejahatan yang melibatkan ilmu-ilmu tertentu di luar jangkauan Anda, dan tak pernah Anda sadari.
sumber : kapanlagi.com

No comments: