December 30, 2009

Indonesia Diprediksi Dilanda Banjir Luapan Air Laut

Banjir akibat luapan air laut diperkirakan melanda Indonesia di masa datang, karena adanya perubahan iklim secara global, kata peneliti Pusat Studi Bencana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Muhammad Aris Marfai.

"Selama ini banjir di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh meluapnya air sungai, namun di masa mendatang akan terjadi sedikit perubahan. Banjir akibat luapan air laut sekarang sudah mulai melanda Semarang dan Jakarta," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia pada seminar pengurangan risiko bencana, Indonesia menduduki peringkat tiga di dunia sebagai negara yang paling rawan terhadap bencana banjir.

"Posisi Indonesia tersebut berada di bawah India dan China yang menduduki peringkat pertama dan kedua negara paling rawan bencana banjir di dunia," katanya.

Ia mengatakan sering munculnya bencana banjir di Indonesia disebabkan beberapa faktor, di antaranya curah hujan tinggi, sebagian tanah tidak lagi mampu menyerap air dengan baik, dan perubahan penggunaan tanah.

"Untuk mengurangi risiko bencana, banyak hal yang dapat dilakukan di antaranya dengan persiapan mitigasi bencana, pengelolaan organisasi, dan menjaga daerah hulu sebagai kawasan resapan air," kata dosen Fakultas Geografi UGM itu.
sumber : kapanlagi.com

No comments: