April 05, 2012

Constructive Cost Model (COCOMO)


Apa itu COCOMO ???
Constructive Cost Model (COCOMO) adalah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang dikembangkan oleh Barry Boehm . Model ini menggunakan dasar regresi formula, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek proyek saat ini.
       COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Barry Boehm W. 's Book rekayasa ekonomi Perangkat Lunak sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Ini menarik pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana Barry Boehm adalah Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981. Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris kode , dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I . Proyek-proyek ini didasarkan pada model waterfall pengembangan perangkat lunak yang merupakan pengembangan software proses lazim pada tahun 1981.
       Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1997 COCOMO IItelah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 di Perangkat Lunak Perkiraan Biayabuku dengan COCOMO II. COCOMO II adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak dukungan untuk modern proses pengembangan perangkat lunak dan basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software off-the-rak.. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.

Jenis-Jenis COCOMO :

1. COCOMO dasar
Menghitung usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan estimasi baris kode ( KLOC )
COCOMO berlaku untuk tiga kelas proyek perangkat lunak:
•   Organik proyek - "kecil" tim dengan pengalaman "baik" bekerja dengan "kurang dari kaku" persyaratan
•   Semi-terpisah proyek - "sedang" tim dengan pengalaman bekerja dicampur dengan campuran persyaratan kaku kaku dan kurang dari
•   Embedded proyek - dikembangkan dalam satu set "ketat" kendala (hardware, software, operasional, ......)

2. Intermediate COCOMO
Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan "cost drivers" yang mencakup penilaian subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini mempertimbangkan satu set empat "cost drivers", masing-masing dengan sejumlah atribut anak.
•      Atribut produk
o   Perangkat lunak yang disyaratkan reliabilitas
o   Ukuran database aplikasi
o   Kompleksitas produk
•      Hardware atribut
o   Run-time kinerja kendala
o   Memori kendala
o   Volatilitas lingkungan mesin virtual
o   Diperlukan waktu pembalikan haluan
•      Personil atribut
o   Analis kemampuan
o   Kemampuan rekayasa perangkat lunak
o   Aplikasi pengalaman
o   Mesin virtual pengalaman
o   Bahasa pemrograman pengalaman
•      Proyek atribut
o   Penggunaan perangkat lunak
o   Penerapan metode rekayasa perangkat lunak
o   Diperlukan jadwal pengembangan

3. Detil COCOMO
Detil COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap.
Pada COCOMO rinci, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO rinci perencanaan kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan pengujian integrasi. 

No comments: