Badiru dan Pulat (1995) menjelaskan
bahwa peran seorang manajer proyek akan menggunakan sumber daya yang tersedia
untuk memenuhi sasaran dan tujuan. Seorang manajer proyek mempunyai tanggung
jawab yang utama dalam memastikan bahwa suatu proyek diterapkan menurut rencana
proyek. Manajer proyek mempunyai jarak interaksi yang luas di dalam dan di luar
lingkungan proyek itu.
Shtub (1994) menggambarkan diagram kemampuan yang
penting untuk dimiliki oleh seorang manajer proyek. Diantaranya adalah:
• Budgeting
and Cost Skills
•
Schedulling and Time Management Skills
• Technical
Skills
•
Leadership Skills
• Resource
Management and Human Relationship Skills
•
Communication Skills
•
Negotiating Skills
•
Marketing, Contracting, Customer Relationship Skills
• Problem
Solving
Setidaknya ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat
digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer
Proyek yaitu:
• Karakter
Pribadinya
Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis
pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
ü Mampu
bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung
jawab.
ü Memiliki
integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung
di lingkungan tempat dia bekerja.
ü Asertif
ü Memiliki
pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
•
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
ü Memiliki
komitmen yang kuat dalam meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal,
anggaran dan prosedur yang dibuat.
ü Pelaksanakan
seluruh proses pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang
dapat memuaskan para pengguna/klien.
ü Pernah
terlibat dalam proyek yang sejenis.
ü Mampu
mengendalikan hasil-hasil proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi
kinerja yang disesuaikan dengan standar dan tujuan yang ingin dicapai dari
proyek yang dilaksanakan.
ü Membuat
dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak
terduga.
ü Membuat
dan menerapkan keputusan terkait dengan perencanaan.
ü Memiliki
kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal
tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika
terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
ü Membangun
dan menyesuaikan kegiatan dengan prioritas yang ada serta tenggat waktu yang
ditentukan sebelumnya.
ü Memiliki
kematangan yang tinggi dalam perencanaan yang baik dalam upaya mengurangi
tekanan dan stres sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja tim.
ü Mampu
membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
•
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
ü Memiliki
kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manajerial.
ü Mampu
menyusun rencana, mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan
tugas secara bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
ü Menghormati
para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari
mereka.
ü Berbagi
sukses dengan seluruh anggota tim.
ü Mampu
menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
ü Memberikan
apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
ü Mampu
mempengaruhi pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk
menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang
disusunnya.
ü Mendelegasikan
tugas-tugas namun tetap melakukan pengendalian melekat.
ü Memiliki
kepercayaan yang tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima
pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
ü Menjadikan
dirinya sebagai bagian yang terintegrasi dengan tim yang dipimpinnya.
ü Mampu
membangun kedisiplinan secara struktural.
ü Mampu
mengidentifikasi kelebihan-kelebihan dari masing-masing anggota tim serta
memanfaatkannya sebagai kekuatan individual.
ü Mendayagunakan
setiap elemen pekerjaan untuk menstimulasi rasa hormat dari para personil yang
terlibat dan mengembangkan sisi profesionalisme mereka.
ü Menyediakan
sedikit waktu untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan
serta pengembangan dirinya.
ü Selalu
terbuka atas hal-hal yang mendorong kemajuan.
Memahami secara menyeluruh para anggota tim yang
dipimpinnya dan mengembangkan komunikasi efektif di dalamnya.
No comments:
Post a Comment