Apa itu COCOMO ???
Constructive
Cost Model (COCOMO) adalah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model yang
dikembangkan oleh Barry Boehm . Model ini menggunakan dasar regresi formula,
dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek
proyek saat ini.
COCOMO pertama kali diterbitkan pada
tahun 1981 Barry Boehm W. 's Book rekayasa ekonomi Perangkat Lunak sebagai
model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek
perangkat lunak. Ini menarik pada studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana
Barry Boehm adalah Direktur Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun
1981. Penelitian ini memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai
100.000 baris kode , dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I .
Proyek-proyek ini didasarkan pada model waterfall pengembangan perangkat lunak
yang merupakan pengembangan software proses lazim pada tahun 1981.
Referensi untuk model ini biasanya
menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1997 COCOMO IItelah dikembangkan dan akhirnya
diterbitkan pada tahun 2000 di Perangkat Lunak Perkiraan Biayabuku dengan
COCOMO II. COCOMO II adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk
mengestimasi proyek pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan
lebih banyak dukungan untuk modern proses pengembangan perangkat lunak dan
basis data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat
lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan malam
untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan komponen software
off-the-rak.. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.
Jenis-Jenis COCOMO
:
1. COCOMO dasar
Menghitung
usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran
program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan estimasi baris kode ( KLOC )
COCOMO berlaku
untuk tiga kelas proyek perangkat lunak:
• Organik
proyek - "kecil" tim dengan pengalaman "baik" bekerja
dengan "kurang dari kaku" persyaratan
• Semi-terpisah
proyek - "sedang" tim dengan pengalaman bekerja dicampur dengan
campuran persyaratan kaku kaku dan kurang dari
• Embedded
proyek - dikembangkan dalam satu set "ketat" kendala (hardware,
software, operasional, ......)
2. Intermediate
COCOMO
Intermediate
COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran
program dan sekumpulan "cost drivers" yang mencakup penilaian
subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini
mempertimbangkan satu set empat "cost drivers", masing-masing dengan
sejumlah atribut anak.
• Atribut produk
o Perangkat
lunak yang disyaratkan reliabilitas
o Ukuran
database aplikasi
o Kompleksitas
produk
• Hardware atribut
o Run-time
kinerja kendala
o Memori
kendala
o Volatilitas
lingkungan mesin virtual
o Diperlukan
waktu pembalikan haluan
• Personil atribut
o Analis
kemampuan
o Kemampuan
rekayasa perangkat lunak
o Aplikasi
pengalaman
o Mesin
virtual pengalaman
o Bahasa
pemrograman pengalaman
• Proyek atribut
o Penggunaan
perangkat lunak
o Penerapan
metode rekayasa perangkat lunak
o Diperlukan
jadwal pengembangan
3. Detil COCOMO
Detil
COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian
dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses
rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali
untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya
masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
setiap tahap.
Pada
COCOMO rinci, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set
driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa
perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO rinci perencanaan kebutuhan
dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan
pengujian integrasi.
No comments:
Post a Comment